Silabus
Bahasa Inggris
Sekolah Menengah Kejuruan
|
KELAS / SEMESTER : XI / 3 – 4
STANDAR KOMPETENSI : Berkomunikasi
dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary
KODE KOMPETENSI : B
ALOKASI WAKTU
: 74 x 45’
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.1
Memahami percakapan sederhana
sehari-hari baik dalam konteks professional maupun pribadi dengan orang bukan
penutur asli
|
· Memperagakan
ungkapan yang berhubungan dengan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari (Talking
about Jobs and Daily Activities).
· Memperagakan
ungkapan yang berhubungan dengan pengalaman hidup seseorang (Experiences in
One’s life).
· Memperagakan
dan menjawab pertanyaan dengan pola “Yes/No questions” dalam konteks kegiatan
sehari-hari dengan benar.
· Memperagakan
dan menjawab pertanyaan dengan pola “Information questions” dalam konteks
kegiatan sehari-hari dengan benar.
|
· Talking about
jobs
ü Actor
ü Actress
ü Lecturer
· Talking about
daily activities
ü She goes to
school every day.
ü My father
always drinks tea every morning.
· Adverbs of
frequency
ü Often
ü Seldom
ü Usually
ü Once a week
· Will vs be
going to
ü I will eat it.
ü I am going to
eat it
· Yes/No
questions
ü Auxiliary + S
+ V/Noun/Adjective?
Are you
hungry?
Do you like
me?
Is she reading
a book?
· Information
questions
ü W + H
questions
ü What, who, why, when, where, How.
What is your
name?
Where do you
live?
|
· Listening
ü Mendengarkan,
, menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.
· Speaking
ü Menyebutkan
kembali (recall), menceritakan
(recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.
· Reading
ü Membaca teks,
surat, memo, dialog atau tabel.
· Writing
ü Menjawab
pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog
atau paragraph.
|
· Tes lisan Memperagakan
dialog secara berpasangan
· Tes tertulis
Menjawab
pertanyaan.
|
|
|
|
A
New Approach to Learn English
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.2 Mencatat
pesan-pesan sederhana baik dalam interaksi langsung maupun melalui alat.
|
· Memperagakan
ungkapan-ungkapan yang berhubungan dengan penanganan telepon dan rencana
(Phone calls and plans)
· Mencatat pesan
yang diterima lewat telepon. (Reported Speech)
|
· Phone calls
and plans
ü I’d like to
make a call to 035-68926
ü Could I speak
to Jane Foker, please?
ü Who’s
speaking?
· Reported
Speech
ü He wanted to
know if you would be available in the afternoon.
ü He said that
you had to pay for the tickets.
· Personal
pronouns
ü I – me – my –
mine – myself
ü He – him – his
– himself
|
· Listening
ü Mendengarkan,
, menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.
· Speaking
ü Menyebutkan
kembali (recall), menceritakan
(recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.
· Reading
ü Membaca teks,
surat, memo, dialog atau tabel.
· Writing
ü Menjawab
pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog
atau paragraph.
|
· Tes lisan
Menyebutkan,
memperagakan dialog secara berpasangan.
· Tes tertulis
Menjawab
pertanyaan. Memberi label pada gambar.
|
|
|
|
A
New Approach to Learn English
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.3 Merinci
tugas pekerjaan dan latar belakang pendidikan yang dimilikinya secara lisan
dan tulisan.
|
· Memperagakan
ungkapan yang berhubungan dengan pelayanan dan menangani tamu (Serving and
Handling Guests)
· Menyebutkan
ungkapan yang berhubungan dengan ketidakpuasan (Making Complaints).
· Menyebutkan
ungkapan yang berhubungan dengan undangan (Giving Invitation).
· Memperagakan
ungkapan yang berhubungan dengan kebiasaan seseorang (Describing somebody’s
habits).
|
· Serving and
handling guests
ü Do you want me
to ___?
ü What can I do
for you, sir?
· Constructions
with ‘too’ and ‘enough’
ü This soup is
too salty for me.
ü The hotel room
is comfortable enough.
· Making
complaints
ü I want to make
a complain, _____.
· Giving
Invitation
ü Accepting
invitation.
ü Refusing
invitation
· Describing
somebody’s habits
ü I’m very
experienced sales clerk.
· Used to
ü I didn’t use
to smoke.
· Grammar review
ü Relevant
tenses
|
· Listening
ü Mendengarkan,
, menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.
· Speaking
ü Menyebutkan
kembali (recall), menceritakan
(recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.
· Reading
ü Membaca teks,
surat, memo, dialog atau tabel.
· Writing
ü Menjawab
pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog
atau paragraph.
|
· Tes lisan
Memperagakan
dialog secara berpasangan, menceritakan kejadian secara lisan.
· Tes tertulis
Menjawab
pertanyaan.
|
|
|
|
A
New Approach to Learn English
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.4 Menceritakan
pekerjaan di masa lalu dan rencana kerja yang akan datang.
|
· Mengemukakan
ungkapan tentang kegiatan masa lampau (Describing and telling past events)
dengan benar.
· Memperagakan
ungkapan yang berhubungan dengan minat dan hobi (Hobbies and Interest).
· Menggunakan
ungkapan untuk mengemukakan kegiatan di masa datang dalam tense yang benar.
|
· Describing and
telling past events
ü I called you
yesterday evening.
ü We had locked
the room when she came.
ü She gave me
that book last week.
· Using prefix
ü Un-, in-,
dis-, ir-, il-
Dislike,
unlock, etc.
· Grammar review
ü Relevant tenses
· Hobbies and
interests
ü I enjoyed it a
lot.
ü I like
swimming.
ü My hobby is
reading.
· Gerund
ü Gerund as
subjects and objects
Smoking is
dangerous.
I don’t like
fishing.
ü Gerund as
complement
Her job is
sorting the mail.
ü Gerung after
preposition
Are you interested
in collecting stamps?
· Telling about
future plans
ü The meeting
will be over at two P.M
ü When you
arrive at the office, I will be conducting a meeting.
|
· Listening
ü Mendengarkan,
, menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.
· Speaking
ü Menyebutkan
kembali (recall), menceritakan
(recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.
· Reading
ü Membaca teks,
surat, memo, dialog atau tabel.
· Writing
ü Menjawab
pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog
atau paragraph.
|
· Tes lisan
Memperagakan
dialog secara berpasangan, merespon pernyataan.
· Tes tertulis
Menjawab
pertanyaan, menulis kegiatan sehari-hari, menyusun cerita.
|
|
|
|
A
New Approach to Learn English
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.5 Mengungkapkan
berbagai macam maksud hati.
|
· Memperagakan
ungkapan yang berhubungan dengan saran dan masukan (Suggestions and Advice)
dengan benar.
· Memperagakan
ungkapan yang berhubungan dengan keinginan dan kewajiban (Expressing
Desirabilities and Duties) secara benar.
· Memperagakan
ungkapan yang berhubungan dengan kebutuhan dan kewajiban (Expressing
Necessity and Obligation) dengan benar.
· Memperagakan
ungkapan yang berhubungan dengan kemungkinan dan kepastian (Expressing
Possibility and Certainty) dengan benar.
|
· Suggestions
and Advice
ü You should go
to Wimbledon.
ü You’d better
stay in bed.
· Grammar Review
ü Relevant Modals.
· Expressing Desirability
and Duties
ü It’s a good
book. You should read it.
· Expressing
Necessity and Obligation
ü It’s necessary
for you to be here on time.
· Expressing
Possibility and Certainty.
ü I’m sure
that’s going to rain.
ü It must be him
who called.
· Grammar review
ü Conjunctions /
concessive relationship
· Noun clause as
object
ü I never
believe that there will be another rationalization.
|
· Listening
ü Mendengarkan,
, menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.
· Speaking
ü Menyebutkan
kembali (recall), menceritakan
(recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.
· Reading
ü Membaca teks,
surat, memo, dialog atau tabel.
· Writing
ü Menjawab
pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog
atau paragraph.
|
· Tes lisan
Memperagakan
dialog secara berpasangan, merespon pernyataan.
· Tes tertulis
Menjawab
pertanyaan, menulis kegiatan sehari-hari.
|
|
|
|
A
New Approach to Learn English
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.6 Memahami
instruksi-instruksi sederhana.
|
· Memperagakan
ungkapan yang berhubungan dengan pujian dan bujukan (Compliments and
Persuasions) dengan benar.
· Menceritakan bentuk pengandaian (Conditional Sentence).
· Mengemukakan
gambaran proses dan kebenarannya (Describing Process and Facts) secara
detail.
· Menggunakan
kalimat pasif (Passive) dengan benar..
|
· Compliments
and Persuasions
ü Fantastic!
ü You look beautiful
tonight.
· Conditional
Sentence Type II
ü If I were a
banker, I would buy a new house. (In fact, I’m not a banker)
· Expressions
used in describing process.
ü First, ….
ü Next, …
ü Then, …
ü Finally, …
· Expressing
Facts
ü The latest
data show that about three billion rupiahs have been spent for the
construction of the factory.
· Passive voice
ü The house was
built from wood (by someone).
· Grammar review
ü Relevant
Tenses
|
· Listening
ü Mendengarkan,
, menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.
· Speaking
ü Menyebutkan
kembali (recall), menceritakan
(recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.
· Reading
ü Membaca teks,
surat, memo, dialog atau tabel.
· Writing
ü Menjawab
pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog
atau paragraph.
|
· Tes lisan
Memperagakan
dialog secara berpasangan, merespon pernyataan.
· Tes tertulis
Menjawab
pertanyaan, menulis kegiatan sehari-hari.
|
|
|
|
A
New Approach to Learn English
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.7 Membuat
pesan-pesan pendek, petunjuk dan daftar dengan pilihan kata, ejaan dan tata
tulis yang berterima.
|
· Menyampaikan
ungkapan yang berhubungan dengan berbagai macam maksud/tujuan (Expressing
Various Intentions).
· Memperagakan
ungkapan yang berhubungan dengan persetujuan dan ketidaksetujuan (Agreeing
and Disagreeing) dengan tepat.
· Menceritakan
ungkapan yang berhubungan dengan opini dan kesimpulan (Opinions and
Conclusions).
· Memilih dan
merangkai kata-kata menjadi pesan pendek, petunjuk atau daftar.
· Menulis
kesimpulan dari dari suatu pembicaraan menjadi pesan pendek, petunjuk atau
daftar.
|
· Expressing
Various Intentions.
ü I don’t mean
to complain, but ___.
· Agreeing and
Disagreeing
ü I partly
disagree with you.
ü I don’t agree
with you.
· Relative
Pronoun
ü ___which___
ü ___who___
· Opinions and
Conclusions
ü I think that’s
not true.
ü The conclusion
is ___
· Comparison of
Adjective
ü Tall-taller-tallest
· Sample of
short messages, directory, and lists.
· Content,
punctuation, and spelling.
|
· Listening
ü Mendengarkan,
, menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.
· Speaking
ü Menyebutkan
kembali (recall), menceritakan
(recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.
· Reading
ü Membaca teks,
surat, memo, dialog atau tabel.
· Writing
ü Menjawab
pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog
atau paragraph.
|
· Tes lisan
Memperagakan
dialog secara berpasangan, merespon pernyataan.
· Tes tertulis
Menjawab
pertanyaan, menulis kegiatan sehari-hari.
|
|
|
|
A
New Approach to Learn English
|
Keterangan:
TM : Tatap Muka,
PS : Praktik di sekolah (2 jam praktik
di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI : Praktik di industri (4 jam paktik
di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)
Cimahi, Februari 2013
Kepala Sekolah, Pengajar,
Drs. Rusyamsi, M.Pd Winni Aprilia Wulandari
NIP: 195907071986031012
NPM : 09510036
mntp gan
ReplyDeletemampir jg ya http://belajardii.blogspot.com
siap siap :) terima kasih sudah berkunjung
ReplyDelete