Contoh Silabus SMK Kelas 2


Silabus Bahasa Inggris
Sekolah Menengah Kejuruan

                                 KELAS / SEMESTER           : XI / 3 – 4
                         STANDAR KOMPETENSI              : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary
                         KODE KOMPETENSI         : B
                         ALOKASI WAKTU             : 74 x 45’
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.1 Memahami    percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks professional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli






















·   Memperagakan ungkapan yang berhubungan dengan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari (Talking about Jobs and Daily Activities).










·   Memperagakan ungkapan yang berhubungan dengan pengalaman hidup seseorang (Experiences in One’s life).

·   Memperagakan dan menjawab pertanyaan dengan pola “Yes/No questions” dalam konteks kegiatan sehari-hari dengan benar.

·   Memperagakan dan menjawab pertanyaan dengan pola “Information questions” dalam konteks kegiatan sehari-hari dengan benar.
·   Talking about jobs
ü Actor
ü Actress
ü Lecturer
·   Talking about daily activities
ü She goes to school every day.
ü My father always drinks tea every morning.
·   Adverbs of frequency
ü Often
ü Seldom
ü Usually
ü Once a week

·   Will vs be going to
ü I will eat it.
ü I am going to eat it



·   Yes/No questions
ü Auxiliary + S + V/Noun/Adjective?
Are you hungry?
Do you like me?
Is she reading a book?

·   Information questions
ü W + H questions
ü What,  who, why, when, where, How.
What is your name?
Where do you live?
·    Listening
ü Mendengarkan, , menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.

·     Speaking
ü Menyebutkan kembali  (recall), menceritakan (recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.

·    Reading
ü Membaca teks, surat, memo, dialog atau tabel.

·    Writing
ü Menjawab pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog atau paragraph.

·    Tes lisan Memperagakan dialog secara berpasangan

·    Tes tertulis
Menjawab pertanyaan.



A New Approach to Learn English

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.2 Mencatat pesan-pesan sederhana baik dalam interaksi langsung maupun melalui alat.

























·   Memperagakan ungkapan-ungkapan yang berhubungan dengan penanganan telepon dan rencana (Phone calls and plans)

·   Mencatat pesan yang diterima lewat telepon. (Reported Speech)





·   Phone calls and plans
ü I’d like to make a call to 035-68926
ü Could I speak to Jane Foker, please?
ü Who’s speaking?

·   Reported Speech
ü He wanted to know if you would be available in the afternoon.
ü He said that you had to pay for the tickets.

·   Personal pronouns
ü I – me – my – mine – myself
ü He – him – his – himself
























·    Listening
ü Mendengarkan, , menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.

·     Speaking
ü Menyebutkan kembali  (recall), menceritakan (recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.

·    Reading
ü Membaca teks, surat, memo, dialog atau tabel.

·    Writing
ü Menjawab pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog atau paragraph.
·    Tes lisan
Menyebutkan, memperagakan dialog secara berpasangan. 

·    Tes tertulis
Menjawab pertanyaan. Memberi label pada gambar.



A New Approach to Learn English
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.3 Merinci tugas pekerjaan dan latar belakang pendidikan yang dimilikinya secara lisan dan tulisan.






























·   Memperagakan ungkapan yang berhubungan dengan pelayanan dan menangani tamu (Serving and Handling Guests)






·   Menyebutkan ungkapan yang berhubungan dengan ketidakpuasan (Making Complaints).

·   Menyebutkan ungkapan yang berhubungan dengan undangan (Giving Invitation).

·   Memperagakan ungkapan yang berhubungan dengan kebiasaan seseorang (Describing somebody’s habits).

·   Serving and handling guests
ü Do you want me to ___?
ü What can I do for you, sir?
·   Constructions with ‘too’ and ‘enough’
ü This soup is too salty for me.
ü The hotel room is comfortable enough.

·   Making complaints
ü I want to make a complain, _____.


·   Giving Invitation
ü Accepting invitation.
ü Refusing invitation


·   Describing somebody’s habits
ü I’m very experienced sales clerk.
·   Used to
ü I didn’t use to smoke.
·   Grammar review
ü Relevant tenses











·    Listening
ü Mendengarkan, , menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.

·     Speaking
ü Menyebutkan kembali  (recall), menceritakan (recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.

·    Reading
ü Membaca teks, surat, memo, dialog atau tabel.

·    Writing
ü Menjawab pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog atau paragraph.

·    Tes lisan
Memperagakan dialog secara berpasangan, menceritakan kejadian secara lisan.

·    Tes tertulis

Menjawab pertanyaan.



A New Approach to Learn English
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.4 Menceritakan pekerjaan di masa lalu dan rencana kerja yang akan datang.
























·   Mengemukakan ungkapan tentang kegiatan masa lampau (Describing and telling past events) dengan benar.









·   Memperagakan ungkapan yang berhubungan dengan minat dan hobi (Hobbies and Interest).












·   Menggunakan ungkapan untuk mengemukakan kegiatan di masa datang dalam tense yang benar.








·   Describing and telling past events
ü I called you yesterday evening.
ü We had locked the room when she came.
ü She gave me that book last week.
·   Using prefix
ü Un-, in-, dis-, ir-, il-
Dislike, unlock, etc.
·   Grammar review
ü Relevant tenses

·   Hobbies and interests
ü I enjoyed it a lot.
ü I like swimming.
ü My hobby is reading.
·   Gerund
ü Gerund as subjects and objects
Smoking is dangerous.
I don’t like fishing.
ü Gerund as complement
Her job is sorting the mail.
ü Gerung after preposition
Are you interested in collecting stamps?

·   Telling about future plans
ü The meeting will be over at two P.M
ü When you arrive at the office, I will be conducting a meeting.




·    Listening
ü Mendengarkan, , menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.

·     Speaking
ü Menyebutkan kembali  (recall), menceritakan (recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.

·    Reading
ü Membaca teks, surat, memo, dialog atau tabel.

·    Writing
ü Menjawab pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog atau paragraph.

·    Tes lisan
Memperagakan dialog secara berpasangan, merespon pernyataan.

·    Tes tertulis

Menjawab pertanyaan, menulis kegiatan sehari-hari, menyusun cerita.



A New Approach to Learn English

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.5 Mengungkapkan berbagai macam maksud hati.

































·   Memperagakan ungkapan yang berhubungan dengan saran dan masukan (Suggestions and Advice) dengan benar.


·   Memperagakan ungkapan yang berhubungan dengan keinginan dan kewajiban (Expressing Desirabilities and Duties) secara benar.

·   Memperagakan ungkapan yang berhubungan dengan kebutuhan dan kewajiban (Expressing Necessity and Obligation) dengan benar.

·   Memperagakan ungkapan yang berhubungan dengan kemungkinan dan kepastian (Expressing Possibility and Certainty) dengan benar.









·   Suggestions and Advice
ü You should go to Wimbledon.
ü You’d better stay in bed.
·   Grammar Review
ü Relevant Modals.

·   Expressing Desirability and Duties
ü It’s a good book. You should read it.


·   Expressing Necessity and Obligation
ü It’s necessary for you to be here on time.


·   Expressing Possibility and Certainty.
ü I’m sure that’s going to rain.
ü It must be him who called.
·   Grammar review
ü Conjunctions / concessive relationship
·   Noun clause as object
ü I never believe that there will be another rationalization.




·    Listening
ü Mendengarkan, , menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.

·     Speaking
ü Menyebutkan kembali  (recall), menceritakan (recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.

·    Reading
ü Membaca teks, surat, memo, dialog atau tabel.

·    Writing
ü Menjawab pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog atau paragraph.

·    Tes lisan
Memperagakan dialog secara berpasangan, merespon pernyataan.

·    Tes tertulis

Menjawab pertanyaan, menulis kegiatan sehari-hari.



A New Approach to Learn English
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.6 Memahami instruksi-instruksi sederhana.
























·   Memperagakan ungkapan yang berhubungan dengan pujian dan bujukan (Compliments and Persuasions) dengan benar.

·   Menceritakan  bentuk pengandaian (Conditional Sentence).


·   Mengemukakan gambaran proses dan kebenarannya (Describing Process and Facts) secara detail.








·   Menggunakan kalimat pasif (Passive) dengan benar..










·   Compliments and Persuasions
ü Fantastic!
ü You look beautiful tonight.


·   Conditional Sentence Type II
ü If I were a banker, I would buy a new house. (In fact, I’m not a banker)

·   Expressions used in describing process.
ü First, ….
ü Next, …
ü Then, …
ü Finally, …
·   Expressing Facts
ü The latest data show that about three billion rupiahs have been spent for the construction of the factory.

·   Passive voice
ü The house was built from wood (by someone).
·   Grammar review
ü Relevant Tenses








·    Listening
ü Mendengarkan, , menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.

·     Speaking
ü Menyebutkan kembali  (recall), menceritakan (recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.

·    Reading
ü Membaca teks, surat, memo, dialog atau tabel.

·    Writing
ü Menjawab pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog atau paragraph.

·    Tes lisan
Memperagakan dialog secara berpasangan, merespon pernyataan.

·    Tes tertulis

Menjawab pertanyaan, menulis kegiatan sehari-hari.



A New Approach to Learn English
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.7 Membuat pesan-pesan pendek, petunjuk dan daftar dengan pilihan kata, ejaan dan tata tulis yang berterima.



















·   Menyampaikan ungkapan yang berhubungan dengan berbagai macam maksud/tujuan (Expressing Various Intentions).
·   Memperagakan ungkapan yang berhubungan dengan persetujuan dan ketidaksetujuan (Agreeing and Disagreeing) dengan tepat.
·   Menceritakan ungkapan yang berhubungan dengan opini dan kesimpulan (Opinions and Conclusions).
·   Memilih dan merangkai kata-kata menjadi pesan pendek, petunjuk atau daftar.
·   Menulis kesimpulan dari dari suatu pembicaraan menjadi pesan pendek, petunjuk atau daftar.
·   Expressing Various Intentions.
ü I don’t mean to complain, but ___.


·   Agreeing and Disagreeing
ü I partly disagree with you.
ü I don’t agree with you.
·      Relative Pronoun
ü ___which___
ü ___who___
·   Opinions and Conclusions
ü I think that’s not true.
ü The conclusion is ___
·   Comparison of Adjective
ü Tall-taller-tallest
·   Sample of short messages, directory, and lists.


·   Content, punctuation, and spelling.
·    Listening
ü Mendengarkan, , menentukan mencocokkan, memilih, dan melengkapi pernyataan dari kaset.

·     Speaking
ü Menyebutkan kembali  (recall), menceritakan (recite), merespon mendemonstrasikan, dan mengungkapkan gagasan/ide.

·    Reading
ü Membaca teks, surat, memo, dialog atau tabel.

·    Writing
ü Menjawab pertanyaan, menjodohkan, mencatat, menyusun, dan menulis surat, memo, dialog atau paragraph.
·    Tes lisan
Memperagakan dialog secara berpasangan, merespon pernyataan.

·    Tes tertulis

Menjawab pertanyaan, menulis kegiatan sehari-hari.



A New Approach to Learn English
Keterangan:
TM          : Tatap Muka,
PS            : Praktik di sekolah (2 jam praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI             : Praktik di industri (4 jam paktik di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)














Cimahi, Februari 2013
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                                                  Pengajar,

Drs. Rusyamsi, M.Pd                                                                                                                                                                        Winni Aprilia Wulandari
NIP: 195907071986031012                          
                                                                                                                                                                                                              NPM : 09510036

2 comments:

AVENGER WALLPAPER

Pada Kesempatan kali ini aku ingin share aplikasi yang keren buat hape kamu apalagi jika kamu penggemar superhero Avenger, Keren banget yaa ...